Beda bisnis ONLINE dan OFFLINE

Setahu saya, bisnis online atau dipersingkat menjadi BO merupakan trend baru dunia bisnis utamanya di kalangan masyarakat Indonesia. Nggak tahu kalu masyarakat dunia luar sana.
Terus..apa to bedanya bisnis online dengan bisnis-bisnis konvensional / bisnis off line  yang kita kenal selama ini ?

Secara garis besar perbedaan yang paling mencolok antara bisnis online dengan bisnis kovensional adalah terletak pada penggunaan internet sebagai alat bantu yang POWERFULL. Di bilang powefull karena internet ini tidak mengenal lelah dalam bekerja 24 jam sehari, 7 hari seminggu , 30 hari dalam satu bulan tanpa mengenal libur hari besar dan pangsa pasarnya adalah seluruh pengguna internet di dunia. Dia tidak mengenal batas wilayah secara geografis dan tidak memerlukan kehadiran kita secara fisik bagi customer yang tinggal jauh dari kediaman kita.
Untuk barang dan jasa yang diperjual belikan di bisnis online pun
hampir sama. Bisnis online menawarkan ebook (offline misalnya buku di  toko buku);
software program (offline , misalnya CD program di toko software); affiliate program (offline misalnya makelar/ broker kendaraan atau rumah); kursus kelas jauh (offline misalnya dulu ada UT-Universita Terbuka atau distance learning untuk kelas MBA); Multi-Level-Marketing ( offline misalnya sama juga hanya dilakukan secara face to face dan memerlukan kehadiran kita secara fisik dengan downline);
Pembelian Pulsa electric (offline misalnya counter hp pun sudah banyak yang menjual voucher pulsa isi ulang yang electric)

Jadi, ternyata tidak banyak perbedaan antara bisnis online dan offline , 
bukan ?. 
Bisnis online adalah nyata dan kita pun harus meluangkan waktu untuk serius mengusahakan-nya. Tanpa usaha, tekad dan kemauan untuk maju maka berbisnis apapun, di manapun, dengan metode / cara apapun baik bisnis online maupun offline tentunya akan jauh dari keberhasilan yang kita dambakan bukan…?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar