Cara Memberi dan Membuat Nilai Tambah Bisnis Anda

Agar bisnis berkembang pesat dan tumbuh sukses, nilai tambah sangat diperlukan. Faktor-faktor nilai tambah pun akan membuat bisnis Anda unggul.

Dalam bisnis ini kita harus selalu mempunyai nilai tambah, sebetulnya nilai tambah itu secara garis besar di bagi tiga. Anda hanya bisa ambil dua , jarang sekali anda bisa tiga tiganya. Ini saya ambil dan belajar dari Michael Tracy bagaimana ”Double Digit Grow”. Ini buku yang sangat bagus dan bagaimana kita tumbuh dua kali lipat. Dia cerita tentang IBM dan perusahaan yang tumbuhnya cuma dua sekian persen tapi ada juga yang 11% dan 20%,dan terus tumbuh. Dan ada Jhonson anda jhonson yang tumbuh selama 59 tahun bisnis nya terus tumbuh dan tumbuh terus.
Dan saya pun masih terus harus belajar, disini dikatakan oleh Michael Tracy ada tiga keunggulan bisnis. Yaitu :

pertama, adalah murah
( tapi bukan murahan ). Dengan  operasional yang paling ringkes dan paling efisien anda bisa memberi  harga murah. Bisa seperti sebuah toko , satu keunggulannya adalah harga lebih murah dari toko lainnya, parkir gratis, discount harga pada tanggal-tanggal tertentu setiap bulan, pembeli bisa dengan bebas memilih sendiri barang yang mau dibeli dan segala macam yang lainnya,
kedua, unggul dalam mutu produk - produk , dahsyat luar biasa, mutunya lebih baik di banding yang lain. Barang jenisnya boleh sama, namun yang kita tawarkan adalah produk dengan mutu yang terjamin dan terjaga sepanjang masa. Misalkan, banyak orang berjualan pisang molen. Jika kita bisa memproduksi pisang molen menggunakan tepung terigu terbaik, gula pasir terbaik, minyak goreng terbaik meski dengan harga sama atau sedikit lebih mahal tetap akan disukai pelanggan.
ketiga, servis atau pelayanan. Servis itu termasuk kecepatan. Pelayanan yang cepat dan tepat tanpa menunggu lama merupakan salah satu keunggulan dalam bisnis. Coba Anda bayangkan, anda sudah sangat haus lalu memesan es campur tapi pelayanan sangat lama ? Apa yang Anda pikirkan saat itu ?  pasti, anda berpikir…wah kapok aku nggak pingin ke sini lagi.!! Belum lagi ketika Anda melihat ada tamu lain yang ternyata masih teman dekat si pelayan mendapatkan servis lebih dulu,..wah…wah..jengkel rasanya. Atau ada pembeli lain yang langsung main serobot dan kemudian dilayani lebih dulu ????
Itu baru satu sisi servis atau pelayanan. Masih banyak yang lainnya semisal : keramahan pelayan / pemilik bisnis, suasana tempat dan lain sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar