10 Alasan Orang Berbisnis di Internet

Sejalan dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi , saat ini dunia bisnis juga mengalami perkembangan. 
Dulu kita hanya kenal dengan bisnis riil ( ada barang-ada uang ) yang belakangan kita kenal dengan sebutan bisnis offline. Istilah bisnis offline sendiri sebenarnya muncul setelah orang mulai kenal dengan yang namanya bisnis online ( BO ), yaitu bisnis melalui internet atau dunia maya. Barang yang kita tawarkan tidak nyata ( dalam arti tidak bisa kita raba ), dan uang yang kita terima juga tidak nyata ( karena langsung masuk ke rekening bank milik kita )
lalu...... Kenapa saat ini bisnis internet semakin banyak digemari dan digeluti oleh berbagai kalangan ?
Sebenarnya, ada banyak alasan mengapa saat ini banyak orang mulai tertarik untuk menekuni BO ini. 
Berikut ini saya tuliskan beberapa faktor yang banyak dijadikan  alasan  / pertimbangan orang untuk menekuni bisnis internet, antara lain :
  1. Sejalan dengan perkembangan teknologi internet, kemudahan akses internet dari hari kehari semakin banyak orang yang mengakses internet setiap hari baik melalui warnet, fasilitas hotspot, atau bahkan berlangganan internet sendiri. Ini merupakan potensi awal bagi sebuah usaha bisnis. Dalam ilmu bisnis apapun adanya konsumen merupakan faktor utama. Banyak konsumen = banyak pembeli.
  2. Bisnis online butuh modal relatif kecil. Kita hanya butuh fasilitas akses internet ( komputer / netbook / notebook / laptop dan jaringan internet ). Kalau toh kita gak punya modal cukup untuk pengadaan keduanya, kita bisa kok....dengan menggunakan warnet atau internet kantor ( tapi ini termasuk korupsi lho.. ). Hanya saja kalau melalui warnet kita agak repot .
  3. Jangkauan pemasaran global. Pemasaran produk yang kita tawarkan tidak kenal waktu, tidak terbatas wilayah. Waktu bisa 24 jam non stop, seluruh pelosok dunia bisa kita jangkau. Meski kita berada di pelosok desa, kita bisa menawarkan barang / jasa di kota megapolitan sekalipun.
  4. Produk ( barang / jasa ) dapat kita buat sendiri, ataupun menawarkan produk  ( barang / jasa ) orang lain.
  5. Ruang jual tidak terlalu luas. Untuk bisnis internet kita tidak membutuhkan tempat jualan yang luas. Kamar 1,5 m X 1,5 m cukup untuk menyimpan dan memasarkan produk ( barang dan jasa ) kita.
  6. Tidak perlu repot membuat Surat Ijin Usaha dan persyaratan birokrasi lainnya ( setidaknya sampai hari ini, gak tahu kalo setelah ini ada PP atau Perda yang mengatur bisnis internet ).
  7. Auto seller. Kalau sudah terbangun , Bisnis internet milik kita akan tetap berjalan di manapun kita berada, dalam keadaan apapun kita saat itu. Kita sedang rekreasi, sedang makan bahkan sedang tidur, bisnis internet tetap bisa mendatangkan pembeli pada kita. Itu artinya uang masuk ke kantong kita tanpa campur tangan kita saat itu.
  8. Biaya iklan / publikasi relatif murah dan waktu lebih singkat . Bisnis internet bisa kita iklankan baik secara offline maupun online. Secara online biaya iklan lebih murah dan mudah. Hanya dari ruang usaha kita bisa menyebarkan iklan produk kita ke seluruh penjuru dunia dalam hitungan menit.
  9. tidak perlu repot menghitung . Jumlah barang / jasa yang terjual tidak perlu kita hitung sisanya. Jumlah uang yang kita terima tidak perlu kita hitung dan kita cek palsu-tidaknya. Tak repot cari uang kembalian.
  10. Uang hasil penjualan tersimpan aman, karena begitu terjadi transaksi uang langsung masuk ke rekening bank kita.
itulah beberapa alasan yang banyak dijadikan orang untuk menekuni bisnis online. Hanya saja patut dicatat, yang nama nya bisnis  ( baik offline maupun online ) tidak pernah terlepas dari untung-rugi, sukses-gagal. 
Semuanya terpulang pada diri kita masing-masing. Butuh pengetahuan, kemauan, ketekunan dalam menjalankan bisnis ini. 
Okey semoga sukses.


1 komentar:

  1. sip setuju !!
    msaya punya blog,mampir aja di http://suksesegera.blogspot.com>

    ada namyak info menarik

    BalasHapus