Cakupan BISNIS ONLINE

Bisnis Online adalah salah satu tren bisnis modern saat ini dan nampaknya bisnis online ini memiliki prospek yang sangat besar di masa mendatang. Apalagi berdasarkan beberapa survey yang dilakukan menemukan bahwa pengguna jaringan internet setiap hari bertambah dengan konsumen yang luas mulai dari anak-anak bahkan sampai orang tua..
Semua aktivitas bisnis online dilakukan menggunakan media internet, baik melalui warnet, internet kantoran, internet rumahan bahkan juga internet mobile.
Lalu, apa saja sih yang bisa kita bisniskan melalui internet ?
Ada beberapa point cakupan dari bisnis internet. Beberapa di antara mereka adalah :

  1. barang riil ( berupa fisik ) seperti : sepatu-sandal, kaos, CD, VCD, kemeja, obat-obatan, buku /majalah dalam bentuk cetak dan barang-barang riil lainnya. Barang-barang riil ini terutama adalah barang yang "tahan lama" dalam artian tidak mudah rusak saat pengiriman  ke tempat pembeli.
  2. barang digital, seperti : e-book, e-video, software, dan sejenisnya. Di mana barang yang dikirim kepada pembeli berupa produk digital, hanya dapat dibuka jika pembeli mengakses internet / komputer.
Darimana asal barang yang bisa kita jual secara online ini ?
Barang yang kita jual secara online dapat kita peroleh melalui beberapa cara, antara lain :
  1. Membuat produk sendiri. Baik produk barang riil maupun produk digital bisa kita upayakan sendiri untuk membuatnya. Istilahnya, kita sebagai produsen dan sekaligus sebagai pemasar / salesnya. 
  2. Membeli produk oranglain, kemudian kita jual kembali. Baik barang riil maupun barang digital dapat kita beli dari orang lain kemudian kita jual kembali secara online. Istilahnya kita menjadi reseller.
  3. Menjualkan produk orang lain. Kita menawarkan barang ( baik barang riil atau digital  ) dari produsen secara online, dimana ketika ada konsumen yang membeli melalui rekomendasi kita maka kita akan menerima bayaran sesuai dengan perjanjian dengan pemilik barang. Istilahnya, kita menjadi afiliater / perantara.
Kemudian, untuk menjalankan bisnis tersebut kita perlu memiliki toko online / website penjualan terutama jika kita menjual produk sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar